Sunday, December 14, 2014

Saved by Airdroid


Bermula ketika saya bermaksud mengkopi data sebuah game ke hape Nexus S tua saya, dan mendapati kenyataan hape saya tidak dapat terkoneksi ke PC alias mass storage tidak dapat diakses...entah port USB di hape yang rusak ato android OSnya yg dah mulai ngaco. Tentu saja membuat saya harus memutar otak bagaimana memindah file game tersebut ke hape...sementara kita tahu handset Nexus dari Google ini tidak memiliki slot sdcard, hanya internal memori sebesar 16gb.


Mo donlot ulang langsung dari hape males... filenya terlalu besar (sekitar 300an mb), mo transfer via bluetooth tentunya luamaaa sekali ya.... Kebetulan sekali beberapa waktu lalu membaca berita di media online tentang aplikasi Airdroid, sebuah aplikasi yang berfungsi untuk mentransfer data lewat wifi. Mungkin tidak ada salahnya dicoba...pikir saya. 

Airdroid bekerja pada perangkat yang terkoneksi via wifi. Sebelum kita bisa menggunakannya harus memiliki akun dulu, bisa daftar langsung via aplikasi Airdroid di hape ataupun pada situsnya. Setelah memiliki akun kita baru bisa login masuk ke dalam aplikasinya. Aplikasi Airdroid ini juga tersedia untuk PC berbasis Windows ataupun MacOS. Karena ingin mentransfer data dari PC ke hape, maka saya instal aplikasi Airdroid pada PC maupun hape serta login menggunakan akun yang sama.

Setelah instalasi selesai saya coba transfer file sebesar 300mb dari PC ke hape ternyata berhasil dengan sukses, kecepatan transfernyapun lumayan juga...hehehe. Menariknya lagi pada update versi 3 terbaru, menawarkan fitur notification mirror service yang fungsinya untuk menampilkan notifikasi di hape untuk bisa ditampilkan pada PC. Kita bisa menerima panggilan telepon, membalas sms, bahkan membalas pesan dari aplikasi Whatsapp langsung dari PC tanpa perlu mengakses hape kita...menarik bukan?


Yang jelas aplikasi ini satu dari banyak aplikasi yang saya rasa bermanfaat untuk mempermudah hidup kita... hehehe... by the way bagi rekan yang tertarik silahkan langsung  browse ke situs Airdroid ini ya....

No comments:

Post a Comment