Monday, June 25, 2012

SWAPit RAM EXPANDER... No more Low RAM on your Android Device!

Beberapa waktu lalu iseng browsing di GooglePlay gak sengaja nemu aplikasi yang sangat bagus SWAPit RAM EXPANDER namanya. Aplikasi kecil ini (311k) memiliki fungsi untuk memperbesar kapasitas memori (RAM) secara virtual.



Kebanyakan handset Android kelas mid-low atau handset yang sudah berumur hanya dibekali RAM yang kecil, termasuk handset yang saya pake sekarang Motorola Droid hanya memiliki RAM sebesar 256Mb saja. Dimana ketika kita banyak menginstal dan menjalankan aplikasi tentu saja akan memakan RAM handset yang kita miliki. Sebagai perbandingan dalam kondisi normal dengan aplikasi dan game yang terinstal di handset saya, free memori RAM tersisa kurang lebih 35-35Mb saja... tentu saja cukup berat digunakan untuk kebutuhan multitasking... apalagi game.

Untuk mengatasi problem tersebut awalnya saya menggunakan aplikasi task manager, RAM manager dan system cleaner untuk menjaga supaya handset tidak mengalami low memory... sampai saya menemukan aplikasi ini.


Aplikasi ini bekerja dengan cara membuat swap memory yang diletakkan di SDCard yang besarnya dapat diatur sampe maksimal 2.5Gb. SWAPit RAM expander mount/unmount swapfile via widget Ondemand, sehingga kita tidak perlu ragu untuk melepas SDCard ato menjadikannya sebagai USB storage ketika dihubungkan ke PC via kabel USB tanpa resiko crash ato hang pada sistem Android di handset kita.

Tapi ada beberapa persyaratan agar kita dapat menikmati hasil kerja aplikasi ini di handset kita....
  1. SDCard minimal class4 (class 10 sangat direkomenasikan)
  2. Handset harus dalam kondisi ROOT!
  3. Kernel harus memiliki support swapfile
Syarat yang ketiga ini yang paling penting... karena apabila kernel yang kita gunakan tidak mensuport swapfile, tentu saja aplikasi ini menjadi tidak berguna... nah untuk mengecek apakah kernel dan handset kita bisa menjalankan aplikasi ini, kita bisa instal aplikasi Memory Info & Check Swapfile yang bisa di unduh dari Market secara gratis. Apabila kernel yang kita gunakan tidak mendukung aplikasi ini satu-satunya cara tentunya dengan mengganti (flashing) kernel yang sudah suport swapfile (Biasanya kernel customROM semacam CyanogenMod sudah bisa digunakan untuk swapfile)

Untuk menjalankan aplikasi ini pada Motorola Droid,
  • saya menggunakan custom ROM buatan Peter Alfonso Bugless Beast (V. GPA19) yang berbasis Android 2.3.7 Gingerbread (stock like) bisa diunduh DISINI
  • Kernel juga menggunakan kernel Overclock...:D olahan Peter Alfonso 1000Mhz SV, silahkan maen KESINI untuk bereksperimen dengan kernel yang lain.
  • Swapfile saya beri nilai 512Mb ditambah RAM 256Mb sehingga total memori yang tersedia sebesar 768Mb
(Catatan: untuk customROM yang memiliki fitur "compcache" aplikasi SWAPit RAM EXPANDER tidak akan dapat berjalan kecuali di disabled)

Aplikasi SWAPit RAM EXPANDER saya konfigurasikan dengan aplikasi SystemPanel App (Task Manager), aplikasi RAM Manager, dan Oneclick Clear (system cleaner) dan hasilnya...luar biasa! Handset menjadi lebih snappy (responsif dan cepat ketika menjalankan aplikasi)


 (screenshot saya ambil dari google, bukan dari screenshot dari handset saya)

Aplikasi ini adalah aplikasi berbayar, kawan-kawan bisa membelinya via Market DISINI ato klo mo yang gretongan silahkan googling sendiri yak....versi terbaru dari aplikasi ini adalah versi 1.3.3

Sekian, semoga bermanfaat!!!

3 comments:

  1. di perangkat lunaknya mengalami kerusakan g gan,kalo di gunakan terus menerus??

    ReplyDelete
  2. kagak bikin error os-nya gan... cuma umur microsd yg jd gak bertahan lama karena proses read n write terus menerus...

    ReplyDelete
  3. prosess create swepfile nya lama bgt .. emang gituh ya. saya pakai 500mb swepfile..

    ReplyDelete