Tuesday, June 12, 2012

Panduan Instalasi Wireless Driver HP Mini 110-4112TU

Beberapa konsumen yang membeli notebook ato netbook merk HP/Compaq banyak yang mengeluh kesulitan untuk menginstal driver Bluetooth dan wireless LAN pada perangkat yang mereka beli, terutama produk yang tidak di bundle dengan OS Windows alias kosongan... ini juga terjadi pada saya....

Ketika saya membeli produk netbook HP Mini 110-4112TU di dalam paketnya tidak disertakan driver pendukung perangkatnya... it's ok saya bisa donlot drivernya di situs resmi HP pikir saya waktu itu. Setelah proses instalasi OS berjalan lancar saya mulai mengunduh driver yang dibutuhkan satu-persatu dari situs resmi HP, chipset, VGA, Audio, Ethernet, Webcam dll.

Masalah muncul pada instalasi driver wireles LAN alias wifi-nya, ternyata driver yang disediakan HP lewat situsnya tidak ada yang cocok, padahal di situsnya sendiri disediakan 4 driver untuk wifi. Alhasil untuk beberapa saat saya dipusingkan dengan masalah driver ini.... Apa gunanya sebuah netbook tanpa ada fasilitas wifi??? garing banget kan???


Akhirnya setelah ubek-ubek mbah gugel akhirnya saya menemukan solusinya....

Nah... langkah-langkah berikut ini bisa kawan-kawan terapkan juga untuk kasus driver yang berbeda dan merek perangkat yang lain juga. Perlu diperhatikan juga, dalam mencari driver disesuaikan dengan OS yang kita pergunakan (saya menggunakan OS Windows 7 32bit)

Langkah pertama adalah dengan mencari merek chipset dari perangkat yang menjadi masalah, artinya saya harus tahu merek chipset modul wifi dari perangkat milik saya. Untuk itu kita membutuhkan program yang dapat membaca informasi hardware yang kita miliki. Saya menggunakan program System Information for Windows Tool untuk melakukannya....

Kawan-kawan bisa mengunduh DISINI apabila membutuhkan.


Setelah kita instal program ini pada perangkat kita, jalankan dan pilih bagian "Hardware" pada jendela bagian kiri dan pilih nama hardware yang akan kita cari drivernya. Setelah kita pilih (pada kasus saya adalah modul wifi ) nanti di jendela bagian kanan akan muncul info modul chipset yang digunakan. Untuk HP Mini 110-4112TU driver modul wifi/wireless LAN menggunakan chipset Atheros AR9485.

Setelah ketahuan seri modul yang digunakan langkah berikutnya kembali mengandalkan mbah gugel untuk mencarinya... done!! akhirnya pencarian saya tidak sia-sia...XD

Untuk pengguna HP Mini 110-4112TU bisa langsung mengunduh driver WirelesLAN Atheros AR9485 (Windows 7 32bit) DISINI

Langkah kedua: Instalasi
Untuk menginstal driver tersebut langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Masuk ke dalam Device Manager Windows dengan cara klik kanan pada ikon My Computer kemudian pilih Properties kemudian akan muncul jendela seperti dibawah ini...

 Klik Device Manager kemudian akan muncul jendela seperti dibawah....

Cari perangkat yang akan kita instal drivernya...(biasanya ada tanda "!" yang mengindikasikan bahwa driver perangat tersebut belum terinstal) kemudian klik kanan dan pilih Properties

 Setelah muncul jendela seperti diatas pilih tab Driver dan klik tombol Update Driver

 Kemudian klik tombol Browse my computer for driver software....

Langkah terakhir pilih tombol Browse dan arahkan ke direktori dimana kita menyimpan driver yang akan kita instal... kemudian klik tombol Next... tunggu sampai proses instalasi selesai.

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!!!


3 comments:

  1. mas kok drivernya ga bsa didownload sih????problem saya sama netbook HP Mini 110-4112TU ga bsa wifinya,plesae help me

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok mbak... harus punya akun 4shared dulu baru bisa didonlot

      Delete