Tuesday, December 31, 2013

(ANDROID TIPS) Cara Cepat Mengatasi Masalah Panggilan dan SMS Masuk hanya Tampil Nomer Telepon Saja.




Mungkin diantara teman-teman ada yang pernah mengalami masalah ketika menerima telepon ataupun sms masuk hanya tertera nomer si penelepon/sms saja, padahal jelas-jelas nomer tersebut sudah tersimpan di kontak/buku telepon. Hal ini ternyata disebabkan oleh sistem operasi Android itu sendiri (ICS keatas) yang memang secara default menambahkan prefix +(kode negara) pada semua nomor panggilan/sms masuk yang maksudnya diperuntukkan supaya kita bisa melakukan panggilan telepon darimana saja tanpa memperhatikan lokasi penelpon. 


Pada sistem operasi Android penerimaan panggilan masuk tidak disetting untuk bisa otomatis mensinkronkan panggilan yang menggunakan prefik kode negara dengan nomor kontak di buku telepon kita yang tidak menggunakan prefix kode negara sehingga akibatnya panggilan masuk tersebut hanya menampilkan nomer telepon saja.

So, bagaimana solusinya? Tentunya kita harus mengganti semua nomer telepon pada kontak/buku telepon yang diawali dengan 0 menjadi prefik +62 (dimana 62 adalah kode negara Indonesia). Apabila kontak yang kita miliki sangat banyak tentunya membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menggantinya bukan?

Nah ada satu cara diantara banyak cara yang lain...:D yang memudahkan proses penambahan prefik kode negara yaitu menggunakan sebuah aplikasi yang bernama Right Number 
Aplikasi ini dapat membantu kita untuk menambahkan/memformat nomer telepon pada kontak/buku telepon agar memiliki prefik kode negara secara otomatis. Silahkan unduh lewat GooglePlay, aplikasi ini gratis dan sangat bermanfaat.


Unduh, install, kemudian jalankan... pilih menu format all contacts number, selesai.
Kalo sudah silahkan di tes menerima panggilan masuk ataupun sms masuk, pasti panggilan yang muncul sudah sesuai dengan kontak yang terdapat di buku telepon.

Berikut link donlot Right Number di GooglePlay

Sekian, semoga bermanfaat!!

No comments:

Post a Comment