Monday, October 29, 2012

Google Playstore yang semakin "Data Friendly"

Mungkin berita ini sudah agak kadaluwarsa ya...,
tapi tidak ada salahnya untuk di share....

Semenjak menggunakan handset berbasis Android tentu saya tidak dapat lepas dari yang namanya Playstore, karena disanalah tempat kita mendapatkan berbagai macam aplikasi untuk memperkaya handset android kita. 

Tapi ada saatnya saya sangat malas untuk berkunjung ke Playstore terutama apabila masuk notifikasi untuk mengupdate aplikasi yang terinstal pada handset kita... apalagi aplikasi yang ukurannya besar, seperti Instagram ato game AngryBirds yang ukurannya mencapai belasan sampai puluhan megabyte. Mengunduh data puluhan megabyte tentu saja pekerjaan yang menjemukan... apalagi misalkan aplikasi yang harus di update ada 5 atau lebih dengan ukuran diatas 10mb... fiuhh... belum lagi bila jaringan data atau wifi terganggu ditengah jalan harus mengulang dari awal lagi... capek dehhh...:P

Solusi permasalahan ini dengan sigap diberikan oleh Google lewat "Smart App Update" sebuah feature baru yang ditambahkan pada Playstore. Smart App Update diperkenalkan pada saat peluncuran OS Android Jellybean pada acara Google I/O beberapa waktu lalu. Dengan Smart App Update apabila kita mengupdate sebuah aplikasi yang misalkan memiliki size 30mb maka Playstore akan membandingkan perbedaan data aplikasi yang terinstal dengan data update aplikasi... nah kemudian Playstore hanya akan memberikan unduhan bagian data file yang perlu di update saja. Contoh aplikasi Instagram memiliki 13mb, data updatenya hanya 3mb... maka yang harus kita unduh hanya bagian yang 3mb tersebut... kita tidak perlu lagi mengunduh full 13mb.

Sangat menghemat penggunaan data bukan? 
So itulah mengapa saya menyebut Playstore semakin "data friendly"

No comments:

Post a Comment