Monday, September 24, 2012

Swapper2 & RAM Expander (Android Apps)


Artikel ini untuk melanjutkan Posting sebelumnya....

Swapper2 dan RAM Expander adalah aplikasi Android yang memiliki fungsi yang sama, berfungsi untuk membuat dan menjalankan swap memori. Kedua aplikasi ini sangat cocok digunakan bagi pemilik handset Android yang memiliki kapasitas RAM yang kecil untuk menambah kapasitas memory secara virtual dengan memanfaatkan SD card sebagai medianya.


RAM Expander
Swapper2
Apa itu SWAP??
Secara singkat, SWAP adalah virtual RAM, dengan memanfaatkan sebagian space dari harddisk (atau media penyimpanan yang lain) untuk digunakan menjalankan fungsi dan tugas dari RAM. Secara teori sebuah komputer akan menyimpan sebanyak mungkin informasi kedalam RAM samapi penuh, setelah itu komputer akan memindahkan blok memori yang tidak aktif (pages) ke dalam harddisk untuk melegakan ruang RAM digunakan proses lain yang berjalan. Apabila "pages" yang berada pada harddisk dibutuhkan kembali maka komputer akan memindahkan kembali ke dalam RAM dan akan menukarkan non aktif pages yang lain pada RAM kedalam harddisk (swapped)

Karena sifat SWAP yang selalu read and write maka dibutuhkan media penyimpanan yang memiliki laju kecepatan transfer yang tinggi, karena media penyimpanan pada handset Android kebanyakan menggunakan SD Card sehingga dibutuhkan kartu memori kelas 10 agar dapat digunakan untuk menjalankan SWAP dengan nyaman. Selain itu fungsi SWAP akan lebih cepat mengurangi usia dari SD Card karena sifatnya yang selalu read and write tadi....

Swapper2 dan RAM Expander akan menggunakan space SD card untuk membuat sebuah file yang bernama swapfile.swp. File inilah virtual RAM yang akan digunakan aplikasi untuk mengSWAP RAM handset, besarnya bisa kita atur lewat aplikasi masing-masing.

Prasyarat penggunaan SWAP
  • Handset sudah dalam kondisi rooted
  • SD Card dengan kecepatan transfer data yang tinggi (kelas 10)
  • ROM yang sudah mensupport SWAP (untuk ROM berbasis CyanogenMod fungsi compcache dinonaktifkan dulu)
  • Instal aplikasi Swapper2 atau RAM Expander
  • Atur besar nilai swap dan swapinessnya
  • Aktifkan pilihan run on boot
  • Untuk Swapper2 selain menggunakan metode swapfile juga bisa menggunakan metode swap partition (tidak dijelaskan di posting ini)
Untuk mendapatkannya teman-teman bisa meluncur ke link berikut ini:

RAM Expander


Donlot Via:
 Atau:



Swapper2
 Donlot Via:
 
Atau:

 Selamat mencoba..., semoga bermanfaat!!!

4 comments:

  1. q dah download ram expander via Alternatif donlot.
    Trus cra installnya gmna, apa hrus pke lucky patcher ?.
    Soalnya kan di market berbayar.

    ReplyDelete
  2. ane tertarik ma ram expander.
    Ni hrus partisi linux swap pa gk.
    Atau langsung setting aplikasinya tanpa partisi linux swap.
    Ram ane sekarat gan, tinggal 25mb.
    Gmna gan, klo bsa tutornya step by step per aplikasi biar yg newbie paham.
    Thanx.

    ReplyDelete
  3. RAM Expander tinggal instal aja, gak perlu pake lucky patcher...
    tinggal atur settingnya aja mo berapa mb swap memorynya (maks 4gb klo gak salah)& swappinesnya...gak perlu dipartisi sd cardnya karena swap berbentuk file yg digenerate oleh RAM expander & diletakkan di sdcard.

    Untuk swapper2 langkahnya kurang lebih sama saja... kelebihannya selain mendukung swap berupa file juga bisa menggunakan swap partition...

    ReplyDelete
  4. thanx info nya, sangat membantu.

    ReplyDelete