Saturday, June 2, 2012

Snapseed & Pixlr o Matic... Ketika Editing dan Filtering Foto Semakin Mudah

Masih ingat ketika dulu pertama belajar Adobe Photoshop buat editing foto dan coloring sampe dibela-belain beli kamus Inggris - Indonesia cuma buat translate menu HELP buat bantuan untuk menguasai Photoshop.... Sampe sekarangpun saya masih terus belajar untuk dapat lebih "advanced" menggunakan software ini meskipun sudah tidak ditemani kamus lagi karena sekarang lebih sering menggunakan "mbah gugel" buat cari tutorial menggunakan Photoshop.

Jaman terus berubah, teknologi semakin canggih.... software image editing seperti Photoshop sudah tidak menjadi monopoli OS Desktop macam Windows atopun Apple Mac, tapi juga berkembang ke ranah mobile. Perkenalan saya dengan OS Android dan Mobile Photography mempertemukan saya dengan bermacam software image editing untuk mobile OS macam Android ato iOS yang banyak sekali jenisnya. Kelebihan software image editing untuk mobile OS ini dibanding versi desktop adalah kemudahan penggunaannya.... Kenapa saya bilang mudah karena kemampuan untuk image editingnya yang serba instan..., sekali touch "simsalabim abracadabra....!" jadi deh...:D

Ya teknologi memang luar biasa dan semakin mempermudah dan memanjakan manusia... tapi tetap saja segala kemudahan tersebut harus tetap ditunjang oleh pengetahuan dasar yang cukup tentang digital image editing. Kalo tidak, segala kemudahan yang telah diberikan oleh teknologi tidak akan berfungsi secara maksimal untuk membantu kita.

After all, disini saya coba share 2 software/aplikasi image editing instan yang cukup baik. Keduanya awalnya adalah aplikasi image editing yang tersedia untuk perangkat OS Android dan iOS, namun kini hadir versi Windows-nya juga... so, selamat berkreasi kawan!


1. SNAPSEED
Snapseed adalah aplikasi image editing & filtering yang awalnya hadir untuk perangkat iPhone/iPad, namun kini sudah tersedia versi Desktop untuk Mac dan Windows..., untuk versi Android segera menyusul. Dengan aplikasi ini pengguna bisa memperbaiki warna, memberikan efek dan menambahkan border sehingga gambar/foto menjadi lebih menarik.

Aplikasi ini adalah aplikasi berbayar sehingga Anda harus membelinya untuk menikmati seluruh fasilitasnya, untuk versi demo bisa diunduh di websitenya.


 Screenshot Snapseed for Windows



2. PIXLR O MATIC


Pixlr O Matic adalah aplikasi image filtering yang awalnya hadir untuk perangkat iPhone/iPad dan Android, namun kini sudah tersedia versi Desktop untuk Windows.... Dengan aplikasi ini pengguna bisa memberikan efek dan menambahkan border sehingga gambar/foto menjadi lebih menarik. Gambar yang ingin di edit dapat diambil dari harddisk ato dari webcam apabila komputer kita terdapat fasilitas webcam.

Aplikasi ini berbasis Adobe Air, sehingga kita harus menginstal Adobe Air dulu ke dalam komputer kita sebelum menginstal aplikasi Pixlr O Matic ini. Satu lagi kelebihannya adalah aplikasi ini tersedia gratis dan sering mendapatkan update penambahan efek dari developernya sehingga pilihan efek yang kita gunakan semakin kaya. Untuk mendapatkannya teman-teman dapat mengunduhnya di websitenya.


Screenshot Pixlr o Matic for Windows

No comments:

Post a Comment