Monday, April 16, 2012

SMK... kreatif?? Tentu Bisa!!



Saya tidak memiliki background musik secara akademis bahkan membaca not balokpun tidak bisa...saya tidak tahu bagaimana teknik bernyanyi yang bagus, secara suara saya juga gak bagus-bagus amat....:D

Saya dibesarkan di keluarga yang mencintai musik... terutama dari ayah saya, dari kecil saya sudah terbiasa mendengarkan berbagai jenis musik yang kemudian mengasah estetika saya dalam mengapresiasi seni musik menjadi semakin baik.

Ketika pada akhirnya saya berprofesi sebagai guru mata pelajaran seni budaya dimana di dalam materi pembelajarannya terdapat materi pendidikan seni musik, mau tidak mau saya harus bisa memberikan pengetahuan tentang seni musik kepada anak didik saya, meskipun secara pribadi tidak memiliki latar belakang pendidikan musik.... Kebetulan latar belakang pendidikan saya adalah senirupa.

Saya ditugaskan mengajar di SMK yang memiliki misi agar mencetak lulusan yang siap kerja. Nah dari misi inilah yang coba saya terapkan pada mata pelajaran yang saya ampu... seni budaya.

Dalam materi seni budaya ada 4 materi yang diajarkan yaitu senirupa, musik, tari, dan theater. Saya memberikan 2 materi untuk diajarkan yaitu senirupa yang memang sesuai dengan latar belakang pendidikan saya, yang kedua adalah seni musik....

Mengapa memilih seni musik???

Alasan yang pertama adalah karena saya benar-benar tidak menguasai dan mengenal seni tari dan theater, alasan kedua adalah karena berkaitan dengan misi dari SMK tadi.... sebagai modal kerja.... Apa modalnya??? cukup murah... instrumen musik, suara, dan yang penting kreatifitas.

Pada intinya saya hanya ingin mengajarkan pada anak didik saya bahwa dengan musik kita mampu membuat karya yang bagus dan indah serta bisa menghasilkan dari sisi ekonomis... itu saja.

Apa hasilnya...???

Monggo silahkan dinikmati 2 karya lagu gubahan anak didik saya.... meskipun tinggal dan bersekolah di desa tapi mampu membuat karya yang layak untuk diapresiasi!!

1.Lagu karya Anggi Nur Anisa



ato unduh disini

2. Lagu karya Fransiskus Edwin



ato unduh disini

No comments:

Post a Comment