Wednesday, November 23, 2011

Maximize Your HTC Touch Diamond!!!

PART II: Cooked ROM

Apa itu ROM ?

ROM adalah istilah untuk menyebut sistem operasi yang biasanya digunakan oleh smartphone. Dalam sistem operasi Windows mobile terdapat dua macam ROM yaitu stock ROM dan Cooked ROM.

Stock ROM adalah sistem operasi yang dirancang oleh vendor/produsen ponsel yang bersangkutan sesuai dengan referensi official pembuat sistem operasi (dalam hal ini adalah Microsoft) dan hardware yang dimiliki oleh ponsel itu sendiri.

Cooked ROM Sistem Operasi yang dibuat berdasarkan stock (official) ROM namun telah dimodifikasi sedemikian rupa oleh developer unofficial. Para developer ini biasa disebut dengan sebutan chefs seuai dengan pekerjaannya untuk meracik ROM sesuai kebutuhan mereka sendiri, biasanya custom ROM ini lebih baik daripada stock ROM karena memiliki banyak penyempurnaan dan peningkatan (custom tweak)

Cooked ROM untuk HTC Touch Diamond favorit ane:

1. A.Z.T.O.R. Re-Evolution

ROM racikan alphazero, member xda-developers. Berbasis OS Microsoft Windows Mobile 6.1 Profesional, yang saya sukai dari ROM ini adalah TouchFlow 3Dnya dah support accelerometer artinya dapat digunakan dalam posisi landscape ataupun portrait. Tujuan dibuatnya ROM ini adalah untuk porting ROM HTC Touch Diamond2 (Topaz) ke HTC Touch Diamond.

Program-program yang disertakan sudah cukup memadai untuk keperluan sehari-hari, tidak terlalu boros memori dan berjalan cukup cepat serta stabil.



Informasi lebih lanjut dan link donlotnya silahkan meluncur ke sini


2. Memo

yang menarik dari ROM racikan mkucuksari ini adalah meskipun masih berbasis OS Microsoft Windows Mobile 6.1 Profesional tapi sudah menggunakan interface HTC Sense 2.5 dan sudah support Cookie Home Tab. Ada bebrapa varian ROM yang bisa dipilih sesuai selera kita.



Informasi lebih lanjut dan link donlotnya silahkan meluncur ke sini


3. Energy

yang menarik dari ROM racikan NRGZ28 ini adalah sudah menggunakan OS Windows Mobile 6.5 plus interface HTC Sense 2.5 dan sudah support Cookie Home Tab. Secara visual ROM ini sungguh aduhai seperti konsep dari pembuatnya: Eye candy, Speed !!! Smoothness, consistency and good aesthetics, Stability through private beta testing before public release.

Kekurangan dari ROM ini ada pada penggunaan OS Windows Mobile 6.5 dimana secara resmi HTC Touch Diamond tidak mendapat support untuk update ke OS 6.5 karena limitasi spesifikasi hardwarenya yang dirasa kurang mampu menjalankan OS 6.5 sehingga untuk penggunaan sehari-hari kurang bisa diandalkan.....T.T



Informasi lebih lanjut dan link donlotnya silahkan meluncur ke sini

Masih banyak Cooked ROM yang tersedia untuk HTC Touch Diamond, silahkan maen ke xda-developers untuk mengeksplorasi lebih dalam handset yang kita miliki... see you next time....

No comments:

Post a Comment